Membeli Rumah Dengan Sistem Kredit yang Aman

Kembali bertemu dengan GraficaNueva di serial KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.  Jika ingin membeli rumah dengan sistem kredit, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Membeli rumah memang tidak mudah, ada bebeberapa hal yang harus diperhatikan agar kita tidak menyesal ketika sudah membeli rumah tertentu. Rumahku Istanaku, istilah itu tentunya akan kita perhatikan baik-baik, agar mendapatkan rumah idaman yang sesuai dengan budget yang kita miliki saat ini.

perumahan baru dijual
Tentukan rumah idaman

Ketika kita akan membeli rumah dengan sistem kredit, ada baiknya jika mencari rumah yang cocok dengan selera, dan juga dekat dengan lokasi tempat beraktifitas, bagi seluruh keluarga. Jika tidak minimal dekat dengan pusat permebanjaan atau dekat dengan fasilitas transportasi umum. Pastikan juga lingkungan yang nyaman untuk seluruh keluarga dan juga pastikan sanitasi lingkungan tersebut juga baik.

Pastikan harga sesuai dengan budged

Pastikan juga budget untuk rumah tersebut sesuai dengan yang kita miliki saat itu, Atau kita dapat menanyakan langsung dengan pemilik rumah atau penyedia layanan perumahan tentang rumah tersebut. Jika tidak sesuai ada baiknya jika tidak terlalu memaksakan, pikirkan juga dengan biaya yang harus kita keluarkan kelak, dan biaya kebutuhan sehari-hari.

Pilih KPR yang sesuai

Setelah itu kita dapat mendatangi pihak bank untuk menanyakan lebih lanjut mengenai KPR yang dapat kita ikuti dan berapa biaya yang harus kita keluarkan setiap bulan, dan berapa bunga yang harus kita bayarkan. Pilih bank yang sesuai dengan kemampuan finansial kita.

Bertanya pada bank tentang proses kredit

Kita juga dapat bertanya pada pihak bank tentang apakah ada kemudahan yang dapat kita terima ketika kita menggunakan sistem KPR tersebut. Kondisi ini tentunya akan membantu kita selama membayar cicilan rumah. Kita dapat mengajukan cicilan yang paling lama dengan besaran bunga flat. Tentunya ini akan menguntungkan kita sebagai pembeli rumah.

Baca juga:  Rumah Mewah dan Nyaman di Cempaka Putih

Tetapkan investasi untuk dana rumah

Ketika kita akan membeli sebuah rumah ada baiknya jika kita mempunyai sebuah investasi yang baik dan juga aman. Investasi tersebut akan kita butuhkan selama mencicil rumah yang akan atau sedang kita beli tersebut. Saat ini ada banyak sekali investasi yang aman dan juga dapat kita ambil dananya setiap bulan, seperti dana deposito, reksadana,dll. Ada baiknya pilih investasi yang aman, agar proses pencicilan rumah dijual aman, dan tidak akan mengganggu uang gaji kita.
Akan tetapi jika kita tidak mempunyai investasi yang baik atau tidak dapat menemukan investasi yang sesuai, mungkin kita dapat menyisihkan uang gaji kita untuk biaya cicilan rumah, namun perlu diingat, bahwa uang untuk mencicil rumah ada baiknya tidak menganggu uang utnuk kebutuhan sehari-hari.

Cari investasi yang cocok untuk membayar uang muka

Ketika kita akan membayar uang muka untuk cicilan rumah, ada baiknya kita membuka sebuah investasi yang aman, untuk biaya cicilan rumah. Atau mugkin kita dapat mengajukan pembayaran uang muka secara dicicil bersama dengan uang cicilan rumah. Cara ini tentunya akan lebih aman, dan tentunya tidak akan terlalu memberatkan bagi kita sebagai konsumen. Karena biasanya para konsumen akan cenderung merasa keberatan ketika harus mengeluarkan uang sebesar 30% untuk uang muka sebuah rumah.
Dengan begitu maka tidak ada yang tidak mungkin bagi kita untuk memiliki rumah impian dengan dana terbatas. Dengan membeli rumah dengan sistem kredit kemudian merencanakannya dengan baik, maka semuanya akan berjalan dengan lancar.