Keuntungan Menggunakan KPR

Bagi keluarga yang telah memiliki atau sedang dalam proses memiliki rumah idaman, tentu sangat mengenal istilah KPR. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak bank ini sangat populer dikalangan nasabahnya yang memiliki keinginan untuk mendapatkan rumah idaman. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah fasilitas kredit yang disediakan pihak bank untuk membantu para nasabahnya mendapatkan rumah yang mereka impikan. Biasanya kredit pemilikan rumah diajukan pihak nasabah dengan memberikan jaminan tertentu berdasarkan ketentuan jaminan yang telah ditentukan oleh pihak bank. Dan cukup dengan membayar biaya uang muka, nasabah bisa mendapatkan rumah idaman dengan mudah. Urusan menyediakan dana tunai untuk rumah idaman Anda akan menjadi urusan pihak bank dengan developer. Selebihnya Anda hanya cukup menjalankan kewajiban melunasi KPR Anda kepada pihak bank.

Keuntungan KPR

Jika dilihat dari penyediaan dana tunai yang cukup banyak untuk mendapatkan rumah idaman Anda, syarat yang diberikan pihak bank untuk memenuhi KPR yang diajukan biasanya cukup mudah. Anda hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan administratif seperti slip gaji, surat nikah, sertifikat, NPWP dan juga IMB. Sedangkan dokumen yang diperlukan untuk menunjang persyaratan utama adalah KTP atau SIM atau dokumen yang menunjukkan identitas asli Anda, ijin usaha/ SIUP dan juga tagihan bulanan kartu kredit terakhir. Syarat mengajukan KPR yang mudah dibandingkan dengan kredit yang selama ini ada, adalah keuntungan tersendiri bagi keluarga yang mengajukan KPR. Dan keuntungan inilah yang membuat orang-orang berbondong-bondong untuk mengajukan KPR untuk mewujudkan rumah idaman mereka.

Keuntungan lainnya dengan mengajukan KPR adalah Anda tidak perlu khawatir untuk menyediakan dana tunai demi mendapatkan rumah idaman Anda dan keluarga. Biasanya dana tunai yang diperlukan untuk mendapatkan rumah tidaklah sedikit. Apalagi jika rumah idaman Anda dan keluarga adalah rumah modern dengan desain yang mewah tentu membutuhkan dana tunai lebih banyak dua kali lipat dari rumah sederhana. Sehingga penyediaan dana tunai perlu Anda lakukan untuk mendapatkannya. Dan dengan mengajukan KPR, Anda tidak perlu pusing mendapatkan dana tunai untuk rumah idaman Anda

Baca juga:  Rumah Idaman di Cipayung, Jakarta Timur

dan keluarga. Jangka waktu cicilan KPR yang sangat panjang juga memberikan keuntungan tersendiri bagi nasabah. Dengan jangka waktu cicilan yang panjang, nasabah juga memiliki harapan peningkatan penghasilan, sehingga nasabah tidak perlu merasa diberatkan untuk membayar cicilan KPR.

Mengerti Sebelum Mengajukan KPR

Syarat pengajuan KPR yang sangat memudahkan nasabah, membuat sebagian orang nasabah tidak berhati-hati dalam mengajukan KPR. Sehingga ada kalanya mereka yang mengajukan KPR merasa keberatan dengan ketentuan yang diberikan pihak bank baik dari segi persyaratan maupun tentang penghitungan suku bunga. Karena itu sebelum mengajukan KPR Anda harus mengerti dahulu tentang KPR dan segala ketentuan yang harus nasabah jalankan selama proses mendapatkan KPR.

Mengerti tentang rumah yang Anda beli adalah sebuah keharusan. Jika rumah yang Anda beli adalah hasil pembelian dari perorangan maka tidak akan menjadi masalah besar karena Anda hanya cukup memastikan bahwa sertifikat dan IMB yang ada tidak bermasalah. Namun jika rumah yang Anda beli adalah berasal dari developer sebaiknya pastikan ijin peruntukan tanahnya seperti ijin lokasi rumah tersebut didirikan dan siteplan yang sudah disahkan. Selain itu pastikan juga sarana dan prasarana yang disediakan pengembang dan kondisi tanah rumah idaman Anda berdiri. Sertifikat tanah induk juga harus Anda pastikan betul atas nama developer dimana Anda membeli rumah jangan atas nama orang lain. Hal ini penting Anda pastikan demi menjamin kenyamanan rumah idaman Anda.